Thursday 16 October 2008

AWAS SAKIT PANTAT !

Ini perkara sepele, (kelihatannya). Bulan lalu, aku sakit pantat. Sakit pantat, bukan ambeien, tapi sama-sama tidak bisa duduk. Bedanya, selain tidak bisa duduk, juga tidak bisa tidur, terlentang, tengkurep, apalagi miring pindah posisi kanan kiri, jangan coba-coba deh !
Asal muasalnya, kerja yang terlalu berat. Maksudnya, kerja ngadepin komputer, duduk berjam-jam tanpa istirahat, lanjut nyupir mungkin, pulang dan berangkat kantor, perjalanan jauh mungkin, mudik atau dinas luar kota, dst. yang menyebabkan tulang ekor jadi cedera. Akibatnya, ya... tidak bisa duduk deh ! Kelihatannya sepele 'kan ? Tapi sumpeh lo... rasanya ga' 'da sepele-sepelenya, suakit buangeeet... ! Nyeri luar biasa.
Itu diagnosa dokter di jakarta. Tapi dokter aku di kampung yang udah ngurusin aku sejak umur 8 tahun, komentarnya pendek aja, "Pasti dulu pernah jatuh, itu !" begitu katanya, saat ibu nyempetin nanya. Persis, aku pernah jatuh di tangga dalam posisi terduduk di 3 (tiga) anak tangga secara berturut-turut, hampir sebelas tahun yang lalu.... !
Alhasil, aku istirahat dengan rekomen dokter sedikitnya 7 (tujuh) hari lho... ! Karena memang ga' bisa duduk. Walaupun tidur juga sakit, tapi setidaknya posisi ini jauh lebih bisa kompromi dengan rasa sakit, asal saat bermanuver dilakukan dengan pelan-pelan. Yang pasti harus dimulai dengan posisi tengkurep dan nungging sedikit demi sedikit sebelum benar-benar 'landing' di kasur. Tapi, kelamaan tengkurep pun akhirnya juga bikin sakit pinggang, karena aku pikir postur tubuh manusia memang diciptakan bukan untuk tengkurep terus-terusan 'kan ? Postur tubuh manusia memang didisain untuk istirahat dengan posisi terlentang untuk jangka waktu yang relatif panjang.
Untuk memulihkan sakit pantat ya harus terapi ke dokter. Selain itu ya jangan banyak duduk. Kalau kepaksanya harus duduk, ya... duduklah di atas ban dalam vespa, dan posisi tulang ekor kita harus persis berada di tengah lubang ban itu tadi, sehingga dia tidak perlu bekerja keras menopang tubuh kita dulu hingga cedera pulih.
Makanya, hati-hati kalau sedang kerja, jangan terlalu keras, jangan sampai terjatuh, jangan duduk terus-terusan, jangan lupa sempatin beraktivitas yang lain, jalan-jalan kek, senam ringan kek, supaya ga' sakit pantaaaat ... !

1 comment:

Rendy said...

Derita yang saya alami sekarang