Friday 2 October 2009

MERDEKA TANPA KARTU KREDIIIIIT ...!

Alhamdulillah ... akhirnya ... ternyata nikmat betul merdeka dari kartu kredit. Sudah lupa rasanya, berapa lama ya terbebas dari kartu kredit ? Sepertinya sih sudah lebih dari 3 (tiga) tahun dah ....

Kartu kredit pada dasarnya sangat membantu cash flow bila tahu cara memanfaatkannya. Contohnya untuk keperluan mendadak yang tidak ada alokasi dananya macam biaya pengobatan yang mekanismenya dengan cara penggantian (reimburse) oleh kantor. Nah biasanya, penggantian oleh kantor neh membutuhkan waktu lumayan lama yang dapat mengganggu cash flow rumah tangga kita.

Nah, pada situasi seperti itulah manfaatnya kartu kredit. Untuk kondisi inilah kartu kredit dapat dimanfaatkan, sehingga tidak perlu mengurangi dana operasional dan mengganggu ketersediaan dana rumah tangga. Namun, saat penggantian biaya oleh kantor telah dibayarkan harus segera diteruskan untuk pembayaran tagihan kartu kredit. Untuk itu pengguna kartu kredit harus cermat memperhatikan penggunaan kartu dan membandingkannya dengan tanggal cetak tagihan serta tanggal jatuh tempo penagihan. Bila pengguna pandai menyesaikan ketiga hal tersebut yaitu tanggal transaksi, tanggal cetak dan tanggal penagihan plus tentu saja tanggal resimburse, maka kartu kredit bisa jadi pahlawan.

Oya, kartu kredit juga berguna sebagai pengganti uang termasuk untuk keperluan perjalanan dinas yang juga lagi-lagi membutuhkan reimburse kantor. Dulu, saya punya kartu kredit yang penggunaannya khusus untuk keperluan perjalanan atau keperluan kantor. Walaupun kartu tersebut bukan pemberian kantor, tapi saya disiplin untuk menggunakannnya khusus untuk kantor sehingga saya tidak dipusingkan dengan membawa uang dalam jumlah banyak yang beresiko hilang.

Sebaliknya, kartu kredit bisa jadi musuh yang membahayakan bila digunakan untuk memenuhi hasrat berbelanja. Jadi, hati-hati menggunakan kartu kredit anda !

No comments: