Monday 25 May 2009

CAPE ....

Kadang-kadang, atau bahkan sering ya ... rasanya cape sekali memaknai hidup yang berat ini. Sepertinya isi kepala ini sudah tidak mampu lagi mencerna segala hal yang terjadi menimpa diri (wuaduh ! seakan-akan gitu lho ... !). Lelah rasanya, tapi tidak tahu lagi harus berbuat apa.

Betapa sulitnya menjadi umat yang ikhlas, tawadhu, pasrah. Sudah tahu, apa yang harus dikerjakan pada saat ditimpa kesusahan :
  1. "Dan mohonlah pertolongan dengan sabar dan shalat; dan sesungguhnya shalat itu berat, kecuali atas orang-orang yang khusu' " (Surat Al Baqarah, ayat 45)
  2. "Hai sekalian orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada ALlah) dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar" (Surat Al Baqarah, ayat 153)

  3. "Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata, 'Sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kepadaNya kami kembali" (Surat Al Baqarah, ayat 156)

  4. "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana orang-orang terdahulu sebelum kamu ? Mereka ditimpa kengsaraan, kemelaratan, dan mereka digoncangkan (dengan berbagai cobaan), sehingga rasul dan orang-orang yang bersamanya berkata, 'Kapankah datang pertolongan Allah ?' Ketahuilah sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat." (Surat Al Baqarah, ayat 214)

Subhanallah, dalam satu surat saja begitu banyak ayat yang menunjukkan kepada kita umat manusia agar menjalani hidup dengan penuh keimananan, tidak terkecuali dalam menghadapi kesusahan.

Betapa kerdilnya, betapa bodohnya, betapa tidak mampunya manusia ? Sudah diberitahu caranya pun masih tidak bisa mengatasi persoalan yang dihdapinya setelah begitu banyak nikmat dan kesenangan diperoleh atas seizin-Nya ?

Astaghfirullahalazim, astaghfirullahalazim, astaghfirullahalazim ....

No comments: