Sunday 10 May 2009

MUSIM KUCING KAWIN

Sesuai siklus biologisnya, kucing memasuki masa kawin pada pertengahan tahun, di bulan Juni-Juli. Namun, sebagaimana pergantian musim saat ini yang mulai tidak menentu dan sesuai pergantian musim yang kita kenal selama ini, april-oktober dan oktober-april, maka 'mungkin' fenomena ini pun terjadi pada kehidupan makhluk hidup yang lain, termasuk kucing.

Di sekitar tempat tinggal saya, seharian ini saja suara kucing saling bersahut-sahutan membahana seantero komplek. Biasanya, hal yang seperti ini seringkali menjengkelkan sejumlah warga yang tidak suka kucing, utamanya bapak-bapak yang kurang kerjaan. Padahal di kesempatan yang lain mereka mengakui bahwa anak-anak mereka terhindar dari serangan ular di teras rumah karena di sekitar rumahnya banyak lalu lalang kucing.

Jadi, walaupun saat ini masih bulan Mei, namun rupanya tanda-tanda alam telah menjadikan kucing memasuki siklusnya lebih awal dari siklus biasanya. Jadi, bila di antara anda semua mulai mendengar suara kucing yang sangat keras dan bersahut-sahutan di sekitar tempat tinggal anda, yakinlah itu masa mereka untuk kawin.

Suara kucing memasuki masa kawin berbeda dengan suara kucing saat berkelahi. Suara kucing pada musim kawin lebih seperti suara panggilan dengan nada agak pendek namun intens hingga 5-6 kali. Sementara suara kucing bertarung biasanya raungannya agak panjang dengan nada yang cenderung naik dan kuat.

Kesimpulannya, rasanya kita pun perlu adil terhadap lingkungan dan sesama makhluk Tuhan yang lain 'kan? Tak ada salahnya bersikap ramah walaupun kepada sepasang kucing yang kebetulan sedang pedekate di sekitar rmah anda. Kawin itu fitrah semua makhluk hidup bukan ?

No comments: